Jumat, 26 Februari 2016

RPP Sejarah Indonesia SMK Kelas X Kurikulum 2013

RPP Sejarah Indonesia SMK Kelas X Kurikulum 2013 Komplit untuk Pertemuan Setahun

A.Kompetensi Inti :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, procedural dalam ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranahabstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



B.Kompetensi dasar
1.2   Menghayati keteladanan para pemimpin dalam toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1.       Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa praaksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.3.       Berlaku jujur dan bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.1.       Memahami dan menerapkan konsep berpikir kronologis (diakronik),sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah.
3.2.       Memahami corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara
4.1.       Menyajikan informasi mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis(diakronik), sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah.
4.2.       Menyajikan hasil penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1        Menjelaskan pengertian diakronis dan sinkronis
3.1.2        Menerapkan berfikir diakronis dan sinkronis dalam memahami dan merekontruksi sejarah yang dipelajari
3.2.1     Menjelaskan pengertian praaksara

D. Tujuan Pembelajaran
              1.         Melalui aktifitas Tanya jawab siswa dapat menjelaskan pengertian praaksara dan prasejarah
              2.         Melalui diskusi kelompok siswa dapat membandingkan pengertian praaksara dan prasejarah
              3.         Melalui diskusi kelompok siswa dapat menunjukan contoh konsep berpikir kronologis (diakronis)dan sinkronis dalam penulisan sejarah

E.   Materi Ajar
  1.       Pengertian Praaksara dan Prasejarah
Prasejarah :sebelumada Sejarah: Masase belum ada aktivitas kehidupan manusia
Praaksara :sebelum ada Tulisan : masa sebelum kehidupan manusia mengenal tulisan
  2.       Pengertian Kronologis, diakronis dan sinkronis
Pemahaman tentang kronologis (diakronis) dan sinkronis
Kronologis :Pengetahuan tentang ruang dan waktu dengan menekankan perlunya seluruh kejadian atau peristiwa berdasarkan urutan waktu peristiwa dan kejadian yang terjadi lebih dulu dari pada yang terjadi kemudian
Diakronis: Kemampuan memahami peristiwa dengan melakukan penelusuran pada masa lalu( Ciri berpikir Sejarah)
Sinkronis: Memahami peristiwa dengan mengabaikan aspek perkembanganya dengan mementingkan struktur yang terdapat didalam setiap peristiwa  ( cirri berpikir ilmu social)
Kronologi berarti sesuai dengan urutan waktu. Peristiwa sejarah akan selalu berlangsung sesuai dengan urutan waktu, sehingga tidak terjadi secara melompat-lompat. Pemahaman sejarah yang tidak kronologis akan membuat pemahaman yang keliru tentang sejarah

F.Metode
            1. Pendekatan            : Scientifict learning
            2. Strategi/model        : cooperative learning/problem based learning

            3. Metode                  : Diskusikelompok, group investigation, ceramah, penugasan

Untuk mendapatkannya silahkan klik link download berikut ini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa Kurikulum Harus Berubah ??

Dari poster ini akan terjawab, mengapa kurikulum harus dirubah! Dalam dunia pendidikan adanya kurikulum sangatlah penting. Arah dan tujuan ...