A.Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2 Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, procedural dalam ilmupengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranahabstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.Kompetensi dasar
1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam
toleransi antar umat beragama dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
2.1.
Menunjukkan sikap tanggung jawab,
peduli terhadap berbagai hasil budaya pada masa praaksara, Hindu-Buddha dan
Islam
2.3.
Berlaku jujur dan bertanggung-jawab dalam
mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
3.1.
Memahami dan menerapkan
konsep berpikir kronologis (diakronik),sinkronik, ruang dan waktu dalam sejarah.
3.2.
Memahami corak kehidupan
masyarakat pada zaman praaksara
4.1.
Menyajikan informasi
mengenai keterkaitan antara konsep berpikir kronologis(diakronik), sinkronik,
ruang dan waktu dalam sejarah.
4.2.
Menyajikan hasil
penalaran mengenai corak kehidupan masyarakat pada zaman praaksara dalam bentuk tulisan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Menjelaskan pengertian
diakronis dan sinkronis
3.1.2
Menerapkan berfikir
diakronis dan sinkronis dalam memahami dan merekontruksi sejarah yang
dipelajari
3.2.1 Menjelaskan pengertian praaksara
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui aktifitas
Tanya jawab siswa dapat menjelaskan
pengertian praaksara dan prasejarah
2.
Melalui diskusi
kelompok siswa dapat membandingkan pengertian praaksara dan prasejarah
3.
Melalui diskusi
kelompok siswa dapat menunjukan contoh konsep berpikir kronologis (diakronis)dan
sinkronis dalam penulisan sejarah
E. Materi Ajar
1. Pengertian Praaksara dan Prasejarah
Prasejarah
:sebelumada Sejarah: Masase belum ada aktivitas kehidupan manusia
Praaksara :sebelum
ada Tulisan : masa sebelum kehidupan manusia mengenal tulisan
2. Pengertian Kronologis, diakronis dan sinkronis
Pemahaman tentang
kronologis (diakronis) dan
sinkronis
Kronologis
:Pengetahuan tentang ruang dan waktu dengan menekankan perlunya seluruh kejadian
atau peristiwa berdasarkan urutan waktu peristiwa dan kejadian yang terjadi lebih
dulu dari pada yang terjadi kemudian
Diakronis:
Kemampuan memahami peristiwa dengan melakukan penelusuran pada masa lalu( Ciri berpikir
Sejarah)
Sinkronis: Memahami
peristiwa dengan mengabaikan aspek perkembanganya dengan mementingkan struktur
yang terdapat didalam setiap peristiwa (
cirri berpikir ilmu social)
Kronologi berarti
sesuai dengan urutan waktu. Peristiwa sejarah akan selalu berlangsung sesuai dengan
urutan waktu, sehingga tidak terjadi secara melompat-lompat. Pemahaman sejarah
yang tidak kronologis akan membuat pemahaman yang keliru tentang sejarah
F.Metode
1. Pendekatan :
Scientifict learning
2.
Strategi/model : cooperative
learning/problem based learning
3.
Metode :
Diskusikelompok, group investigation, ceramah, penugasan
Untuk mendapatkannya silahkan klik link download berikut ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar