Kamis, 22 Maret 2018

Dasar Dasar Pengontrolan


BAB I
PENDAHULUAN



A. Panel

Komponen-komponen peralatan Pengendalih daya ditempatkan pada panel listrik, meliputi: Pengaman listrik, Kontaktormagnet, Time delay (Timer), Push Button, Overload, Lampu Indikator, Transformator, alat ukur listrik. Komponen tersebut di susun rapi dalam satu box (kotak) yang sering disebut dengan panel listrik.
Pada setiap peralatan Pengendalih daya disertai gambar rangkaian pengendali dan gambar rangkaian pengawatan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan operator memahami cara kerja peralatan Pengendalih daya tersebut. Dan untuk mempermudahkan dalam perawatan dan perbaikan jika di perlukan sewaktu waktu.


B. Komponen Komponen kelistrikan pada Panel Listrik Tenaga
1.   Pengaman Panel

          Pengaman listrik harus selalu dipasang pada setiap panel dengan urutan pemasangan sebagai berikut: NFB dan MCB. Ketentuan yang besarnya arus pengaman tidak boleh melebihi arus nominal kabel yang dipasang pada rangkaian pengendali atau rangkaian pengawatan (ayat 412  C 2  , ayat 412  C 5).





Download Modul di Sini Gdrive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa Kurikulum Harus Berubah ??

Dari poster ini akan terjawab, mengapa kurikulum harus dirubah! Dalam dunia pendidikan adanya kurikulum sangatlah penting. Arah dan tujuan ...