Kamis, 07 Desember 2017

Kualitas Perairan

  1. Peranan dan fungsi lingkungan (biotik dan abiotik) dalam budidaya perairan

  1. Ekosistem

Ekosistem merupakan kesatuan struktural dan fungsional yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.Ekosistem dibentuk oleh kumpulan berbagai macam makhluk hidup beserta benda-benda tak hidup.Semua makhluk hidup yang menyusun suatu ekosistem disebut komponen biotik.Sedangkan benda-benda tak hidup dalam suatu ekosistem disebut komponen abiotik.Dalam suatu ekosistem, hubungan antarkomponen berlangsung sangat erat dan saling memengaruhi.Oleh karena itu gangguan atau kerusakan pada salah satu komponen dapat menyebabkan kerusakan seluruh ekosistem.


Ilmu yang mempelajari ekosistem disebut Ekologi.Ekologi berasal dari dua kata dalam bahasa Yunani, yaitu oikos dan logos.Oikos berarti rumah atau tempat tinggal, dan logos artinya ilmu.Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834 – 1914).Ekologi merupakan cabang ilmu yang masih relatif baru, yang baru muncul pada tahun 70-an. Akan tetapi, ekologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap cabang biologinya.Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Yang dipelajari dalam ekologi:
  • Perpindahan energi dan materi dari makhluk hidup yang satu ke makhluk hidup yang lain ke dalam lingkungannya dan faktor-faktor yang menyebabkannya.
  • Perubahan populasi atau spesies pada waktu yang berbeda dan faktor-faktor yang menyebabkannya.
  • Interaksi antarspesies makhluk hidup dan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa Kurikulum Harus Berubah ??

Dari poster ini akan terjawab, mengapa kurikulum harus dirubah! Dalam dunia pendidikan adanya kurikulum sangatlah penting. Arah dan tujuan ...