Rabu, 13 Juli 2016

Mengoperasikan Pabrik Es Komersil

Materi :
Mekanisme pembuatan es :
1) Siklus air
Bahan baku yang diperlukan untuk membuat es balok adalah air yang diperoleh dari sumur bor sebanyak 30 ton perhari. Bahan baku lain yang digunakan dalam pengoperasian pabrik es adalah garam sebanyak 500 kilogram perbulan untuk membuat brine (air garam). Tabel 2.3 berikut akan menjelaskan kebutuhan bahan baku utama dan utilitas dari pabrik es.
Prinsip dasar produksi es balok adalah pembekuan air dengan memakai media larutan garam (brine) yang memiliki suhu mendekati titik beku larutannya. Proses pendinginan brine menggunakan bantuan sirkulasi refrigerant ammonia.

Mekanisme proses pabrik es dijelaskan sebagai berikut: Air sumur bor disedot dengan mesin pompa (sub mersible pump). Lalu, disalurkan ke bak penampungan air, kemudian dialirkan ke bak pengisian air. Dalam pengisian air ke dalam cetakan air yang masuk diatur oleh katup tangan dan pipa-pipa yang sudah diarahkan ke cetakan es. Cetakan es tersebut diisi air dalam jumlah yang tidak penuh, yaitu kurang dari 15 cm dibawah permukaan atas cetakan.

Hal ini dilakukan agar air garam yang ada di bak pendingin tak bercampur dengan air di cetakan. Air yang dimasukkan ke dalam cetakan mempunyai temperatur 30oC. Selanjutnya ice can dimasukkan sebagian permukaannya ke dalam larutan garam dalam freezing tank (tangki pendingin). Kadar garam tersebut kurang dari -18oC, maka seolah-olah air garam tersebut menjadi beku. Apabila kadar air garam melebihi 20oC, maka keadaan es akan sangat keras (sulit cair) karena melebihi titik beku. Kemudian cetakan es tersebut direndam di dalam bak pendinginan yang berisi air garam dengan suhu awal air cetakan adalah 30oC. Lamanya pembekuan untuk es balok dengan berat 50 kg adalah 18 – 24 jam. Pada saat cetakannya direndam, permukaan air garam harus tinggi dari permukaan air yang berada dalam cetakan dengan tinggi lebih kurang 8 centimeter. Bila suhu dingin tidak mencapai -8 – -12 oC, maka es tersebut tidak akan menjadi beku. Hal ini disebabkan refrigerant yang mengalir kurang. Sedangkan apabila temperaturnya melebihi 12 oC maka es tersebut akan rapuh karena perbedaan suhu yang tinggi dengan brine (air garam).

Full Download klik link Download Dibawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengapa Kurikulum Harus Berubah ??

Dari poster ini akan terjawab, mengapa kurikulum harus dirubah! Dalam dunia pendidikan adanya kurikulum sangatlah penting. Arah dan tujuan ...